Thursday, February 22, 2018

#

Membuat Sendiri Media Promosi



Saya ingin cerita tentang keterpaksaan membuat sendiri media promosi. Yah, hal ini terjadi ketika ingin membuat media promosi lewat vendor percetakan, namun minimum order yang ditetapkan oleh mereka tidak sesuai dengan kebutuhan kami di nusfeed.id. Kami hanya butuh kurang dari 100 pcs, namun mereka minta lebih dari 100 pcs, bahkan ada yang minimumnya 1000 pcs. Jadinya terpaksa membuat sendiri media promosinya.

Ternyata membuat media promosi sendiri merupakan sesuatu yang menantang dan mengasyikan juga. Pertama karena kreativitas dipacu untuk membuat sesuatunya sendiri. Kedua, jadi belajar lagi tentang media promosi dan spesifikasi kertas tertentu. Dan artikel kali ini adalah sharing pengalaman untuk anda yang lagi berbisnis dan ingin membuat media promosi namun ada keterbatasan, seperti keteratasan dana atau seperti cerita saya di atas.

Jenis media promosi.

Lazimnya suatu media promosi biasanya berbentuk barang souvenir yang ada logo usaha kita. Media yang biasa dipilih mulai dari pulpen, mug, tumbler, jam, kaos, dan sebagainya. Untuk sharing saya kali ini meliputi tiga media, yaitu tumbler, jam, dan kaos. 

Pertama adalah tumbler. Tumbler yang saya pilih adalah tumbler dua dinding (tumbler double wall) atau biasa juga disebut tumbler insert paper, karena bisa disisipkan kertas di dalamnya. Untuk membuat tumbler insert paper sendiri dibutuhkan keahlian desain grafis seperti corel draw. Desain yang ingin kita cetak di paper di buat menggunakan software corel draw. Namun jika kamu tidak bisa desain, kamu masih bisa bantuan saudara atau teman kamu yang jado desain. Sedangkan untuk tipe kertas yang saya gunakan adalah paper matte, jenis kertas ini water resisten (tahan air), jadi ketika tumbler di cuci dan kena embun air, warna print di kertas tidak pudar.

Nah, untuk proses pembuatan tumbler insert paper sendiri, kamu bisa lihat video berikut ini:


Buat yang butuh desain Tumbler di atas, bisa download di link ini https://drive.google.com/file/d/13iFiHU4A_gowkRA4q_KjAyxvj3VtuwDl/view?usp=drivesdk.
Gunakan corel draw 4 yah.

Kedua adalah jam dinding. Harga jam dinding ini lebih mahal dibandingkan tumbler. Bisa digunakan sebagai souvenir kepada konsumen dengan level yang lebih tinggi, dibandingkan dengan konsumen yang kita alokasikan tumbler. Pilihan diameter jam sendiri beragam, semakin besar akan semakin mahal. Sebaiknya pilih jam dinding yang polos. Sehingga kita bisa menyisipkan logo atau desain promosi yang ingin dimasukan. 

Seperti cara membuat tumbler custom, untuk jam sendiri saya juga sudah mendokumentasikannya lewat video. Silahkan simak video berikut ini.


Oke sekian dulu sharing kita kali ini. Semoga bermanfaat. Selamat berkreasi.

---
Ahmad Yunus
Founder nusfeed.id

No comments:

Post a Comment

Follow by Email