Saturday, May 20, 2017

#

Semerbak Tembakau dan Cerita perjalanan raja Kretek di House of Sampoerna




Cerita kali ini masih tentang kota Surabaya, setelah sebelumnya saya mampir ke Monumen Kapal Selam, saya lalu melanjutkan perjalanan di waktu tersisa sebelum pulang ke Tangerang. Tempat terakhir yang sempat saya kunjungi adalah House Of Sampoerna.

House of Sampoerna adalah museum yang menyimpan memorabilia dari sang pendiri, yaitu Liem Seeng Tee. Haose of Sampoerna Terletak di "Surabaya lama". bangunan bergaya kolonial Belanda yang megah ini dibangun pada tahun 1862 dan sekarang menjadi situs bersejarah yang terpelihara. Sebelumnya digunakan sebagai panti asuhan yang dikelola oleh Belanda‚ dibeli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee‚ pendiri Sampoerna‚ dengan maksud untuk digunakan sebagai fasilitas produksi rokok pertama.

Saat ini, tersebut masih berfungsi sebagai pabrik produksi untuk rokok yang paling bergengsi di Indonesia‚ Dji Sam Soe. Di peringatan ulang tahun ke-90 Sampoerna di tahun 2003‚ kompleks ini telah dipulihkan dengan susah payah dan sekarang terbuka untuk umum sebagai museum.

Memasuki kompleks utama museum ini, anda akan mendapatkan sensai aroma yang begitu kuat. Jujur saja saya tidak merokok dan tidak suka bau rokok, tapi ketika memasuki House of Sampoerna saya justru menikmati aroma tembakau dan cengkeh yang begitu kuat. Aromanya seperti aroma terapi.


Ada apa di House of Sampoerna? Sebagai museum memorabilia tentu kita akan mendapati barang-barang sang pendiri pabrik rokok ini. Mulai dari sepeda tua yang menjadi saksi jatuh bangunnya kehidupan Liem Seeng Tee, sampai ke baju pernikahan mereka.

Di museum ini juga terpajang berbagai bungkus merek rokok Sampoerna yang pernah di produksi, baik yang masih dijual maupun yang tinggal kenangan. Ada juga lempengan plat cetakan bungkus rokok Dji Sam Soe yang legendaris itu.


Selain memorabilia barang, ada juga foto-foto yang dipajang. Dari foto sang pendiri sampai generasi penerusnya. Bahkan untuk pertama kalinya saya melihat sang Raja Jawa, Sri Sultan HB X mengisap rokok.

Oh iya, di bangunan atas terdapat toko souvenir. Di bagian atas ini juga ada mesin pembuat rokok. Selain itu, dari lantai dua ini kita bisa menyaksikan langsung para buruh rokok melinting tembakau menjadi rokok sigaret, Dji Sam Soe. Untuk menyaksikan live produksi ini sebaiknya datang pagi. Karena para pekerja hanya bekerja dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang.

Akses Lokasi.

House of Samporna beralamat di Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163.



Jam buka mulai hari Senin sampai Sabtu jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Pengunjung yang berkunjung ke sini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Jadi kalau anda mau tahu sejarah tentang rokok Sampoerna bisa mampir kemari.

Selamat jalan-jalan.

No comments:

Post a Comment

Follow by Email