Tuesday, April 4, 2017

#

Blog marketing: Dari diary Ke Jualan

Melanjutkan tulisan lalu tentang  lalu tentang Kenapa Tidak Pakai Blog Buat Jualan? Tulisan kali ini akan membocorkan pengalaman saya menggunakan blog untuk jualan.
Pada awalnya saya membuat blog sebagai catatan atau diary online dari hal-hal apa saja yang ingin saya tulis, blog pertama saya adalah penayunus.wordpress.com. Sampai akhirnya saya sadar bahwa internet menawarkan sensasi pemasaran yang tak kalah spektakuler dari media tradisional seperti koran, majalah, televisi dan sebagainya. Anda dapat tengok kembali tulisan sebelumnya Kenapa Tidak Pakai Blog Buat Jualan?
Saya memilih menggunakan blog untuk jualan. Blog yang benar-benar saya kelola untuk jualan pada awalnya adalah nurbarokahternak.blogspot.com. setelah berhasil menrik pelanggan baru dan dirasa perlu yang lebih representative kemudian dipindahkan ke nusfeed.id. Lantas apa fungsi dari blog nurbarokahternak.blogspot.com serta satu saluran Youtube bagi promosi online ini? Karena kalian kepo, dengan terpaksa saya bongkar juga rahasianya.
  1. Pengumpan pengunjung ke Blog jualan.
Yup fungsi pertama blog lain dan saluran youtube adalah sebagai pengumpan agar pengunjung mampir ke nusfeed.id. Ada link- link perujuk ke nusfeed.id yang ditempatkan di blog maupun di youtube. di blog nurbarokahternak.blogspot.com saya menulis tentang cara belanja di situs nusfeed.id misalnya, selain link di beberapa artikel, ada juga baner promosi yang ditempatkan di sidebar blog.
  1. Menaruh Backlink kata kunci
Booming internet membuat pergesaran dalam kelakuan manusia dewasa ini, khususnya kelakuan dalam mencari informasi termasuk mencari barang kebutuhan dan jasa, sekarang dengan adanya internet membuat sebagian besar kita mempercayakan hasil pencarian informasi lewat dukun moderen bernama mbah Google. Postingan yang muncul di halaman pertama memiliki kemungkinan besar untuk dikunjungi calon pembeli.
Masalahnya tidak semudah membalikan telapak tangan agar suatu postingan dapat bertengger di halaman awal hasil pencarian google. Supaya bisa mendapatkan rangking yang baik maka anda butuh backlink. Backlink adalah tautan yang menuju ke suatu situs web yang berasal dari referensi atau rekomendasi dari situs web lain. Singkatnya, backlink adalah tautan yang menuju situs web. Saya menggunakan blog dan youtube untuk menaruh backlink.
Format Promosi Online
Ada beberapa format promosi online yang dapat digunakan untuk menawarkan barang dan jasa yang dijual. Saya sendiri menggunakan tiga format, yaitu tulisan, gambar, dan video. Di blog ke tiga format ini bisa disatukan dalam satu postingan.
Format Deskripsi Penggunaan
Tulisan Tulisan sudah biasa digunakan untuk promosi. Salah satu teknik terkenal adalah copywriting. Saya menggunakan tulisan untuk menjelaskan deskripsi produk, tips dan trik, dan informasi pendukung lainnya.
Gambar Gambar juga format yang sudah jamak digunakan untuk promosi. Saya menggunakan gambar sebagai pendukung tulisan dalam postingan blog. Gambar yang digunakan bisa berformat JPG yang statis atau gif yang dinamis. Pada sidebar blog nurbarokahternak.blogspot.com yang digunakan adalah gambar dinamis berformat gif.
Video Video biasa digunakan oleh perusahaan untuk iklan di tv. Belakangan marak juga pelaku usaha yang memanfaatkan video untuk  promosi online. Berkat kemajuan zaman, video juga dapat digubakan oleh pelaku usaha kelas ukm sekalipun untuk membuat video promosi.
Penting untuk diingat bahwa sebainya tulisan yang dipublikasikan bukan copy paste. Usahakan tulisan sendiri, kalau terpaksa mengutip jangan lupakan menyertakan sumbernya. Untuk gambar juga usahakan bukan ambil dari internet, sebaiknya gambar hasil jepretan sendiri. Belajarlah menulis dan memotret produk.
Akhirnya usai juga cerita tentang blog yang saya kelola. Dari sekedar diary online menjadi media promosi yang cukup ampuh memperluas pasar. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Follow by Email