Wednesday, March 1, 2017

#

Sharing dokumen pembentukan koperasi dan Akuntasinya: khusus bagi anda yang mau mendirikan koperasi

Assalamualaikum, pembaca
Kali ini kita akan membahas tentang koperasi. Salah satu unit usaha yang digagas oleh proklamator tercinta sang wakil presiden pertama kita, M. Hatta. Koperasi sendiri adalah manifestasi jiwa gotong royong bangsa Indonesia.
Belakangan ini banyak berita heboh tentang pendirian-pendirian koperasi ummat. Sebagai salah satu saluran ekonomi ummat. Bahkan di salah satu grup yang saya ikuti gencar sekali membahas koperasi. Ngomong-ngomong saya juga ternyata tercatat sebagai pengawas di salah satu koperasi.
Koperasi sendiri memiliki peran penting bagi perekonomian masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro. Seperti diketahui usaha mikro memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat perekonomian domestik. Hal ini disebabkan usaha mikro dapat menyerap tenaga kerja yang besar dan relatif memiliki daya tahan yang kuat terhadap gejolak ekonomi. Namun, usaha mikro memiliki kendala terutama dalam hal permodalan untuk pengembangan usahanya. Dalam hal ini, lembaga keuangan masyarakat seperti koperasi dan Baitul Mal war Tamwil (BMT) telah menjadi penolong sebagai sumber dana bagi usaha mikro yang kesulitan mendapatkan permodalan dari perbankan.
Selain itu, dalam produk koperasi, khususnya koperasi syariah, adanya pinjaman yang bersifat sosial. Berbeda dengan perbankan yang melulu orientasi profit. Dalam operasional koperasi syariah pinjaman sosial disebut dengan qardh, yaitu pinjaman meminjam dana tanpa imbalan.
Bagi anda yang tertarik mendirikan koperasi, bisa baca lebih rinci penjelasannya di sini. Dan kalo benar-benar sudah mantap tapi bingung dengan syarat-syarat dokumen dan aplikasi pencatatan keuangannya, berarti anda tepat mampir ke mari. Karena saya kali ini ingin sharing file-file pendukung perkoperasian, khususnya pendirian koperasi, konsep muamalat dalam koperasi syariah dan aplikasi akuntansi koperasi.
Pendirian koperasi

Konsep muamalat koperasi syariah

Aplikasi akuntansi koperasi

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Follow by Email