Friday, August 23, 2019

Seru juga Pelatihan Bagaimana Memulai Ekspor

August 23, 2019 0
Belakangan ini saya sering dihubungi oleh orang-orang yang mau ekspor pakan ternak Palm Kernel Meal Expeller yang saya jual di nusfeed.id. Rasanya kok ribet juga yah ngurusin calon pembeli dari luar negeri.

Akhirnya saya memutuskan untuk belajar saja caranya jadi eksportir. Nyari-nyari di Mbah Google kok harganya muahal-muahal. Sampai saya inget dulu kalo kuliah sering ngelewatin gedung Pusat Pelatihan Ekspor Impor di Grogol. Nah saya cari situsnya lah. Eh ketemu berbagai judul pelatihan. Saya memilih pelatihan Bagaimana Memulai Ekspor seharga Rp. 600,000 selama 3 hari. 
Nyesel bayar segitu? Tidak! Materi nya sangat bermanfaat. Benar-benar buka wawasan tentang ekspor. Apalagi narasumber nya praktisi yang sudah berpengalaman. Ada juga Widyaswara yang bukan eksportir, tapi karena simulasi hitung harga ekspor jadi sangat bermanfaat sekali.
Kelas juga didesain untuk belajar. Jumlah peserta dibatasi maksimal 25 orang, pada angkatan saya hanya ada 14 orang. Kursi setiap hari berubah posisi.

Apa yang saya pelajari? Setidaknya ada sembilan materi awal sebagai berikut:

1. Mengenal Bisnis Ekspor
2. Identifikasi  Potensi Internal
3. Identifikasi Potensi Pasar Ekspor
4. Latihan Analisa SWOT
5. Pengembangan / Adaptasi Produk Ekspor
6. Biaya dan Harga Untuk Ekspor
7. Latihan Kalkulasi Harga Ekspor
8. Mencari Pembeli
9. Pengalaman Ekspor
Fasilitasnya lumayan lengkap. Maklum Balai Besar di bawah Kementerian Perdagangan RI. Seminar kits, makan siang. Bahkan penginapan Rp. 50,000 / malam yang gak kalah dari hotel dan bisa cabut jam 7 malam (padahal kalau hotel cek out kan jam 12 siang).

Read more...

Saturday, August 3, 2019

Mengenal Skala MMI untuk mengukur Intensitas gempabumi

August 03, 2019 0



Intesitas gempabumi adalah cerminan pengaruh goncangan gempabumi terhadap tingkat kerusakan sarana dan prasarana. Beberapa factor yang mempengaruhi rusaknya sarana dan prasarana adalah:
-          Rekayasa bangunan
Konstruksi bangunan sangat berpengaruh terhadap kekuatan bangunan dalam menahan goncangan gempabumi. Apabila kaidah bangunan tahan gempabumi diikuti maka bangunan tersebut akan semakin dapat bertahan dari goncangan gempabumi.
-          Jarak dari pusat gempa bumi
Semakin jauh dari pusat gempabumi, goncangan gempabumi akan semakin lemah, sehingga semakin jauh dari pusat gempa maka kerusakan pada bangunan akan semakin kecil.
-          Sifat batuan
Bangunan yang didirikan di atas lahan yang bersifat kompak dam ekras akan lebih tahan terhadap guncangan gempabumi dibandingkan dengan bangunan yang didirikan pada lahan dengan batuan yang lunak (urai).

Skala intensitas gempabumi disebut skala MMI (Modified Mercalli Intensity), diperkenalkan oleh Giuseppe Mercalli pada tahun 1902, didasarkan pada kumpulan pengamatan orang-orang yang pernah mengalami kejadian gempabumi dan tingkat kerusakan   dan prasana yang diakibatkan oleh kejadian gempabumi. Insitas gempabumi di seuatu daerah adalah cerminan tingkat dampak gempabumi di daerah tersebut. Skala ini dinyatakan dalam angka romawi I hingga XII (MMI I hingga MII XI).


Berikut detai gambar dan keterangan skala MMI. Sumber gambar dan deskripsi berasal dari BMKG.


I MMI

Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang
Generic placeholder image

II MMI

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
Generic placeholder image

III MMI

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.
Generic placeholder image

IV MMI

Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.
Generic placeholder image

V MMI

Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.
Generic placeholder image

VI MMI

Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap pada pabrik rusak, kerusakan ringan.
Generic placeholder image

VII MMI

Tiap-tiap orang keluar rumah. Kerusakan ringan pada rumah-rumah dengan bangunan dan konstruksi yang baik. Sedangkan pada bangunan yang konstruksinya kurang baik terjadi retak-retak bahkan hancur, cerobong asap pecah. Terasa oleh orang yang naik kendaraan.
Generic placeholder image

VIII MMI

Kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kuat. Retak-retak pada bangunan degan konstruksi kurang baik, dinding dapat lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen-monumen roboh, air menjadi keruh.
Generic placeholder image

IX MMI

Kerusakan pada bangunan yang kuat, rangka-rangka rumah menjadi tidak lurus, banyak retak. Rumah tampak agak berpindah dari pondamennya. Pipa-pipa dalam rumah putus.
Generic placeholder image

X MMI

Bangunan dari kayu yang kuat rusak,rangka rumah lepas dari pondamennya, tanah terbelah rel melengkung, tanah longsor di tiap-tiap sungai dan di tanah-tanah yang curam.
Generic placeholder image

XI MMI

Bangunan-bangunan hanya sedikit yang tetap berdiri. Jembatan rusak, terjadi lembah. Pipa dalam tanah tidak dapat dipakai sama sekali, tanah terbelah, rel melengkung sekali.
Generic placeholder image

XII MMI

Hancur sama sekali, Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap. Benda-benda terlempar ke udara.
Generic placeholder image














Referensi:

Tim Penyususn. 2005. Gempabumi & Tsunami. tp:tt


BMKG. Skala MMI (Modified Mercalli Intensity). https://www.bmkg.go.id/gempabumi/skala-mmi.bmkg



Read more...

Monday, July 29, 2019

Berburu buku di Out Of The Boox 2019

July 29, 2019 0

Berburu buku di gudang penerbitnya langsung adalah kegiatan yang cukup menyenangkan, selain tentunya ada harapan dapat buku bagus dengan harga murah meriah. Kalo tidak percaya kamu bisa cek tulisan saya di Berburu Buku Murah Meriah di Big Sale Gudang Gramedia Taman Tekno. Nah kali ini saya ingin cerita tentang Out of the Boox Warehouse sale yang diadakan oleh Penerbit Mizan Group.

Deskripsi Acara Out of The Boox Warehouse Sale 
Tanggal : 24 Juli – 4 Agustus 2019
Tempat : Gudang Mizan Utama Logistik Jalan Joe Raya No 11 Lenteng Agung Jakarta Selatan
Waktu : 09.00 – 21.00

Nah saya sendiri berangkat Kamis, 25 Juli 2019. Naik kereta dari Tangerang ke Stasiun Tanjung Barat. Lalu naik ojol ke lokasi acara. Sengaja milih di hari kerja, karena biasanya pengujung bazar tidak seramai di hari minggu, apalagi promosinya gencar banget!.

Lokasi gudang tempat cuci gudang diadakan. Ada kasir dan tempat penitipan tas. Fasilitas disediakan gratis

Gerbang selamat datang untuk konsumen

Buku-buku yang dijual, disusun berdasarkan katagori tertentu.

Tumpukan buku-buku yang siap diserbu.

Suasana di dalam out of the boox

Tempatnya lumayan nyaman dengan adanya pendingin ruangan, jadi tidak gerah yah meski banyak orang. Pengunjung juga tidak dibatasi antrian. Boleh keluar masuk tanpa batas waktu, berbeda dengan warehouse sale-nya Gramedia dimana pengunjung cuma dikasih jatah 1 jam.

Saya sendiri akhirnya membeli beberapa buku yang dirasa cukup. Harga termurah 10,000 dan harga termahal 54,000 rupiah. out of the boox-nya Mizan berbeda dengan acara serupa punya Gramedia yang hanya punya tiga harga: 10,000, 20,000, dan 30,000. Untuk tahun terbitan bisa dibilang masih fresh, saya dapat rata-rata terbitan tahun 2016.

Kelebihan dari out of the boox ini banyaknya koleksi buku anak. Jadi sangat cocok untuk mengajak keluarga ke sini. Selain buku, banyak juga mainan edukasi yang dijual. Nah, khusus untuk pelajar dan mahasiswa ada diskon tambahan 10%.



Oh iya, foodcourt ada di halaman gudang, kamu bisa ngisi perut di sini. Musolah juga tersedia tak jauh dari foodcourt. Jadi kalau mau mampir ke sini silahkan saja. waktunya terbatas loh


Read more...

Wednesday, June 12, 2019

Berani mencoba #Podcast Note's 1

June 12, 2019 0

“Cobalah! Dengan mencoba akan ada dua kemungkinan: gagal atau berhasil. Kalau tidak mencoba hanya ada satu kemungkinan yaitu gagal”

Kira-kira begitulah Pesan yang disampaikan oleh Merry Riana dalam bukunya  Mimpi Satu Juta Dolar.

Kita memang tidak akan pernah tahu suatu hal sebelum mencobanya. kita takkan pernah tahu dinginnya es Jika belum pernah menyentuhnya.  Walau tentu saja ada orang yang berdalih, Bukankah tidak perlu mencoba menyentuh es kalau hanya ingin tahu es itu dingin.  Bukankah bisa diwakilkan kepada orang lain? kita bisa menerima informasi dari orang yang pernah mencobanya kan?”

Tidak  salah memang argumen seperti itu.  Tapi dari sana jelas bahwa kita hanya sekedar ikut-ikutan saja.  bagaimana kalau orang yang dijadikan sumber informasinya berbohong?  Maka lebih elok jika kita mencobanya sendiri. Ada yang berbeda yang berbeda ketika kita mencoba langsung daripada sekedar ikut-ikutan pendapat orang.

Berani mencoba harus diaplikasikan dalam kehidupan nyata.  sesuatu yang  yang besar hadir karena ada keberanian untuk mencobanya.  seperti keinginan manusia untuk terbang,  kemudian Wright bersaudara memutuskan untuk mencoba  membuat  pesawat terbang pertama kalinya.  dan sekarang tidak aneh orang kemana-mana menggunakan pesawat terbang.  Jika kita ingin menjadi sesuatu,  menjadi pengusaha misalnya,  maka cobalah untuk membuka usaha.

Memang tidak semua yang kita coba akan membuahkan hasil.  ada kalanya  apa yang kita lakukan menemui kegagalan. Ada satu hal yang harus kita sadari dari kegagalan tersebut,  bahwa dengan mencoba,  walau walaupun hasilnya gagal,  kita telah melewati satu fase penting.  Kita telah mengalahkan ketakutan - ketakutan yang membelenggu diri kita.  Dari kegagalan itu kita akan memperoleh banyak pelajaran dan hikmah untuk perbaikan selanjutnya.

Coba dan Perhatikan

Terkait dengan keberadaan mencoba,  ada sebuah pepatah Arab yang sangat melegenda. “ cobalah dan perhatikanlah maka kau akan tahu”

Kita tahu akan sesuatu hal,   pada  awalnya memang berasal dari proses mencoba dan memperhatikan.  Contohnya saat belajar naik sepada, awlanya kita memperhatikan orang lain yang naik sepeda,  kemudian kita mencoba menaiki dan mengayuh sepeda, namun jatuh,  kembali memperhatikan orang lain naik sepeda, seperti apa sih caranya yang ebanr biar kita tidak jatuh, lalu terus mencoba sampai akhirnya kita bisa.

“Aku tidak gagal,Aku berhasil membuktikan bahwa 9999 jenis bahan mentah ini tidak bisa dipakai.  aku akan meneruskan percobaan ini sampai menemukan bahan yang cocok.  Kebanyakan orang gagal adalah orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka ke titik sukses saat mereka memutuskan untuk menyerah.”

Kutipan kata-kata Bernas milik Thomas Alva Edison di atas menegaskan pentingnya mencoba jangan takut gagal.  Edison adalah contoh nyata seorang pencoba dan pembelajar tangguh.  Ribuan kali ia meneliti serat optical demi memperoleh bahan yang cocok untuk lampu pijar nya.  beribu serat dicoba,  belum berhasil.  namun ia tak pantang menyerah,  hingga akhirnya saat percobaan yang sekian ribu kali ia baru menemukannya. Jadilah lampu pijar identik dengan nama Thomas Alva Edison.

Ribuan kali ditolak, Kolonel Sanders terus mencoba menawarkan resepnya

Selanjutnya kita juga akan Belajar dari Kolonel Sanders, sang pendiri KFC.  Kolonel Sander mendirikan waralaba KFC hanya bermodalkan mobil tua.  ia berkeliling dari satu rumah makan ke rumah lainnya untuk menawarkan resep membuat ayam goreng yang renyah.  ia menawari banyak Rumah Makan itu untuk menggunakan resepnya dengan imbalan bagi hasil keuntungan. Puluhan rumah makan ia tawari,  jawabannya selalu sama:  TDAK!. Kolonel Sanders Pantang menyerah,  terus dan terus menawari resepnya.   ratusan rumah makan ia kunjungi,  jawabannya tetap sama:  TIDAK!

Apakah Kolonel Sanders  berhenti mencoba?  nyatanya tidak. Ia terus mencari rumah makan lainnya.  usahanya dilipatgandakan,   1000 rumah makan ia datangi, meski jawabannya selalu sama: TIDAK! barulah di rumah makan ke 1009 yang mendapat jawaban “ya”.  

Bayangkan 1009?  betapa banyaknya jumlah rumah makan yang ia singgahi dan berapa banyak waktu yang  dihabiskan?.  Bagi orang yang sinis dan mudah putus asa,  angka 1009 itu bisa jadi dianggap GILA.  Namun bagi yang percaya kekuatan mencoba,  ia menganggap itu adalah proses panjang .

Setelah tawarannya diterima,  tak disangka KFC kemudian mendunia. Hampir di setiap negara ada cabang Rumah Makan cepat saji itu.  siapa sih yang tak tahu  keseharan namanya?   Sekali lagi itu tak lepas dari keberanian untuk terus mencoba dan tidak takut gagal dari Kolonel Sanders. jikalauia bukan tipe orang yang pantang menyerah,  mungkin nama KFC tidak akan pernah ada.


Jika anda masih muda Jangan takut untuk mencoba hal yang ingin anda lakukan.  jikalau menemui cobaan dan kegagalan Jangan pernah pantang menyerah.  kata Dahlan Iskan,   setiap orang punya jatah gagal,  habiskan jatah gagalmu selagi masih muda. Selamat mencoba apa saja yang ingin anda lalukan di dunia nyata.

Sampai ketemu lagi.

Read more...

Saturday, April 27, 2019

Databox Pileg 2019 Kecamatan Sukadiri

April 27, 2019 3


Tahapan pleno rekapitulasi pemilihan legislative (pileg) 2019 telah usai. Pada pleno yang diadakan di aula kecamatan Sukadiri, (27/04/2019) dipastikan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi pemenang untuk tingkat DPR RI dan DPRD Provinsi Banten. Namun hasil tersebut tidak linear untuk tingkat kabupaten, dimana Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang keluar menjadi juara, sedangkan PKS ditingkat DPRD Kabupaten bertengger di posisi ketiga.

Rekapitulasi DPR RI

PKS menjadi juara untuk pileg tingkat DPR RI dengan raihan suara 4,799. Diposisi kedua ditempati oleh PAN, disusul Gerindra, Golkar, dan PDIP untuk lima besar. Sedangkan untuk tiga urutan terbawah ditempati oleh partai baru, PSI, Garuda, dan PKPI.
Grafik suara DPR RI


Ada empat caleg yang mampu meraih suara diatas 1,000. Untuk raihan suara pribadi terbanyak diraih oleh Ali Taher dari PAN dengan 3,138 suara. Diposisi kedua ada politikus Demokrat, Zulfikar dengan 1,655 suara. Lalu ada Tuti Elfita dari PKS dengan raupan suara sebanyak 1,337. Mantan gubernur Banten, Rano karno yang maju lewat PDIP diposisi keempat dengan 1,147.

Adapun hasil perolehan suara Pileg DPR RI kecamatan Sukadiri adalah sebagai berikut:

No. Urut
Partai
Suara Total
1
PKB
1993
2
Gerindra
4021
3
PDIP
3602
4
Golkar
3919
5
Nasdem
1548
6
Garuda
101
7
Berkarya
1556
8
PKS
4799
9
Perindo
696
10
PPP
984
11
PSI
155
12
PAN
4341
13
Hanura
1544
14
Demokrat
3324
19
PBB
485
20
PKPI
70

Rekapitulasi DPRD Provinsi

Hasil rekapitulaasi pileg DPRD Provinsi, PKS melajit menjadi partai nomor satu di Sukadiri. Raihan suara PKS dengan jumlah 5,934 tidak dapat dikejar oleh competitor lainnya. Namun untuk posisi lima besar, tidak linear dengan hasil di tingkat DPR RI. PAN yang di DPR RI menjadi juara kedua, hanya berada di posisi kelima. Lima besar pileg untuk DPRD Provinsi adalah sebagai berikut: PKS, Gerindra, Golkar, PDIP, dan PAN. Untuk tiga urutan terbawah linear seperti DPR RI. Garuda, PSI, dan PKPI duduk diposisi buncit.
Grafik suara DPRD Provinsi

Suara PKS sendiri melejit karena sumbangsih suara dari H. Asnin Syafiuddin, LC, MA, yang merupakan putra asli kecamatan Sukadiri. Sebagai petahan H. Asnin meraup suara sebanyak 4,181, dimana suara pribadinya saja melebihi raihan total PDIP. Diposisi kedua peraih suara pribadi terbanyak adalah Ahmad Farisi dari PAN dengan 2,594 suara. Lalu politikus Partai Golkar Mujakkir Zuhri diposisi ketiga dengan suara 1,591. Posisi keempat kembali diisi oleh wakil Partai Golkar A. Jaini dengan raihan suara sebanyak 1,578. Posisi kelima ada wakil dari PDIP Barhum dengan suara pribadi sebanyak 1,074. Satu lagi caleg yang berhasil meraup suara di atas 1,000 adalah Ade Awaludin dari Gerindra dengan suara sebanyak 1,021.

Adapun raihan suara partai politik di Kecamatan Sukadiri untuk  DPRD Provinsi adalah sebagai berikut:
No. Urut
Suara
Partai
1
PKB
1831
2
Gerindra
4556
3
PDIP
4153
4
Golkar
4403
5
Nasdem
787
6
Garuda
115
7
Berkarya
922
8
PKS
5934
9
Perindo
592
10
PPP
1158
11
PSI
103
12
PAN
3569
13
Hanura
1434
14
Demokrat
2489
19
PBB
1015
20
PKPI
47


DPRD Kabupaten

Hasil rakapitualsi suara tingkat DPRD Kabupaten Tangerang adalah yang paling tidak linier, Hanura melejit menjadi nomor satu di Sukadiri dengan raihan suara 7,592 suara. Kejutan di tingkat DPRD kabupaten adalah tersingkirnya Golkar dan PDIP dari rangking 5 besar. Urutan lima besar untuk DPRD Kabupaten adalah Hanura, Gerindra, PKS, PAN, Demokrat. Parpol yang kosisten masuk lima besar hanyalah Gerindra, PKS, dan PAN. Sedangkan untuk urutan tiga terbawah konsisten ditempati oleh partai Garuda, PSI, dan PKPI.
Grafik suara DPRD Kabupaten
Bercokolnya Hanura, Gerindra, dan PKS ditiga besar karena putra asli Sukadiri yang maju menjadi calon dari partai-partai tersebut mendapatkan suara lebih dari 1,000 suara. Hanura yang memiliki 2 caleg asal Sukadiri memperoleh suara signifikan lewat Sholeh Afif yang meraih suara pribadi tertinggi dengan 4,266 suara dan Kartoan dengan 1,700 suara, total dua caleg hanura ini sudah 5966 suara. Caleg diposisi kedua yang meraih suara terbanyak ditempati oleh M. Aceng Syarif HT dari Gerindra meraup 2,448 Suara, dan posisi ketiga Ahmad Syahril dari PKS meraup 2,363 suara.

Caleg lain yang meraih suara di atas 1000 adalah Sigit Gunawan dari PAN dengan 2,236 suara, Aida Huabedah dari Demokrat dengan 2,044 suara, dan Surdin dari PDIP dengan jumlah suara sebanyak 1,130.

Adapun hasil perolehan suara hasil pileg tingkat DPRD Kabupaten Tangerang adalah sebagai berikut:

No. Urut
Partai
Suara
1
PKB
1596
2
Gerindra
5459
3
PDIP
2825
4
Golkar
1823
5
Nasdem
879
6
Garuda
85
7
Berkarya
720
8
PKS
3973
9
Perindo
688
10
PPP
1003
11
PSI
100
12
PAN
3133
13
Hanura
7592
14
Demokrat
3086
19
PBB
1790
20
PKPI
70

  
Diolah oleh: Ahmad Yunus

Read more...

Follow by Email